A to Z of Cyber Crime

Kejahatan dunia maya (Inggris: cybercrime) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan (wikipedia). Aktivitas kejahatan yang terjadi di dunia maya memiliki banyak kemiripan dengan kejahatan yang terjadi di dunia nyata namun efek yang ditimbulkan lebih luas dibandingkan kejahatan dunia nyata. Kenapa bisa seperti itu karena kejahatan dunia maya dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun dengan cakupan wilayah tanpa batas.

a.jpg
A to Z of Cyber Crime

Di dalam buku A to Z of Cyber Crime yang disusun oleh Aaushi Shah dan Srinidhi Ravi menjabarkan beberapa istilah tindak kejahatan yang terjadi pada dunia maya. Sebagian besar istilah tindak kejahatan yang di bahas dalam buku tersebut masih relevan dengan tindak kejahatan yang terjadi saat ini namun ada beberapa istilah yang sudah mulai jarang terdengar seperti buffer overflow dan banyak lagi yang lainnya dan ada pula istilah yang belum ada seperti ransomware  adalah sejenis malware yang intinya mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar. Dari sekian banyak istilah jenis kejahatan yang di bahas terdapat satu  istilah yang mungkin tidak relevan lagi pada masa sekarang yaitu Y2K. Istilah ini muncul pada tahun 2000an yang disebabkan oleh terjadinya bug pada seluruh teknologi kala itu dan akan sulit terjadi pada teknologi saat ini.

Berikut ini adalah uraian dari beberapa istilah yang ada pada buku A to Z of Cyber Crime terkait beberapa komponen seperti vulnerability, attack vector, attack surface, exploit dan threet:

1. Fire Sale

Fire sale adalah serangan yang dirancang untuk menyerang sebuah infrastruktur teknologi pemerintahan. Ada beberapa tahap yang dilakukan dalam menjalankan serangan ini yaitu:

a.  Shutting down all transportation systems; such as traffic lights, railroad lines, subway system and airport systems.

b. Disable the financial systems; including Wall Street, banks and financial records.

c. Turning off public utility systems, such as electricity, gas lines, telecommunications and satellite systems.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan semua infrastruktur pemerintah rentan terhadap serangan ini. Jalur yang dapat digunakan dalam melakukan serangan ini adalah jaringan internet  yang terhubung langsung dengan jaringan pemerintahan. Serangan ini dapat mengancam stabilitas negara. Sedangkan keuntungan pelaku penyerangan tergantung dari tujuan awal apakah dari segi financial atau non-financial

2. Time Bomb 

Time Bomb adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangan yang terjadi pada sebuah perangkat digital. Efek dari serangan ini akan terjadi pada waktu yang sudah ditentukan seperti bom waktu. Serangan ini memiliki berbagai macam tujuan termasuk penipuan dan pemerasan. Hacker menyusupkan beberapa kode ke dalam komputer target dan mengirimkan pesan ke korban untuk membayar sejumlah uang dan pada waktu yang sudah ditetapkan korban tidak membayar kode akan berjalan otomatis dan akan menghapus data yang ada pada komputer target.

Apa persamaan dan perbedaan dari Time bomb dan ransomware?

Persamaannya adalah sama-sama sebuah serangan untuk melakukan pemerasan terhadap korban sedangkan perbedaannya adalah time bomb berbentuk kode yang di sisipkan ke dalam sebuah komputer dan jika dalam rentan waktu tertentu tidak dibayar maka file yang ada dalam komputer akan terhapus dan sedangkan ransomware berbentuk malware yang di sisipkan melalui perangkat eksternal ataupun jaringan kedalam komputer sehingga komputer yang terinfeksi tidak dapat digunakan atau terkunci sampai korban membayar tebusan dengan jumlah tertentu.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan serangan ini dapat ditargetkan kepada siapa saja namun biasanya ditargetkan kepada orang yang memiliki posisi penting dalam perusahaan. Jalur yang dapat digunakan dalam melakukan serangan ini adalah online ataupun off-line dengan memasukkan kode kepada komputer korban yang kemudian dapat di mintai tebusan. Keuntungan yang didapatkan pelaku adalah uang tebusan.

 

Sumber:

Shah, Aaushi., Ravi, Srinidhi., (2012). A to Z of Cyber Crime. India: Asian School of Cyber Laws.

Wikipedia. (2018, Mei 14). Kejahatan dunia maya. Retrieved from wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Kejahatan_dunia_maya

Tinggalkan komentar