Hall Of Fame: Hacking Server PlayStation Network

playstationnetworklogo-580x358
Sumber: Sony PlayStation Network

Sony PlayStation Network adalah salah satu perusahaan game terbesar di dunia dan salah satu produk andalan mereka adalah PlayStation.

Antara tanggal 17 April dan 19 April 2011, Sony menyadari bahwa ada gangguan yang terjadi di server PlayStation dan layanan Qriocity. Setelah mengetahui hal tersebut Perusahaan menutup layanan dan melakukan penyelidikan. Hasil penyelidikan PlayStation network telah diretas karena sebelumnya pada bulan januari kunci root PS3 telah dicuri dan dari kejadian ini 77 juta akun pelanggan dicuri.

Di dalam akun pelanggan tersebut terdapat beberapa data seperti nama, alamat (termasuk kode pos), negara, alamat email, tanggal lahir, kata sandi PlayStation Network / Qriocity. Dan jika pelanggan pernah menggunakan kartu kredit untuk membeli konten maka kemungkinan besar rincian kartu kredit pelanggan juga dicuri.

Setelah kejadian itu terjadi perusahaan sony melakukan pembaharuan terhadap semua  keamanan dalam produknya dan meminta seluruh pelanggan untuk melakukan penggantian password dan akan mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh pelanggan dengan memberikan uang kompensasi jika terjadi sesuatu pada kartu kredit mereka.

Dan setelah bebera waktu pelaku dari penyerangan berhasil di tangkap yaitu ody Kretsinger (24 thn) dan Raynaldo Rivera (20 thm). Ody di tangkap pada tahun 2011 sedangkan Raynaldo di tangkap pada tahun 2012. Mereka dituduh sebagai anggota dari lulzsec dan terlibat dalam aksi pencurian data pada perusahaan sony. Akibat dari kejadian itu sony mengalami kerugian materiil sampai dengan USD 170 juta.

Kesimpulan:

Siapa Korbannya ? Sony PlayStation Network.

Siapa Pelakunya ? Anggota lulzsec.

Apa modus dan aktivitas cyber yang dilakukan ? Hacking dengan mencuri kunci root PS3.

Apa dampak yang di timbulkan ?

  • 77 juta akun pelanggan,
  • 23.000 kartu kredit pelanggan termasuk 12.700 akun kartu kredit, dan
  • sony mengalami kerugian materiil sampai dengan USD 170 juta.

 

Sumber:

Stuart, K. (2011, April 27). PlayStation Network hack: what every user needs to know. Retrieved from Guardian News and Media Limited or its affiliated companies: https://www.theguardian.com/technology/gamesblog/2011/apr/27/psn-security-advice

 

Slide Presentasi Download disini

 

 

Tinggalkan komentar